Sarjana Humaniora Cocoknya Kerja Apa?
, sekolah kapal pesiar jogja, kursus kapal pesiar jogja, sekolah perhotelan jogja, kursus perhotelan jogja, lpk perhotelan jogja, lpk kapal pesiar jogja, pelatihan kapal pesiar jogja

Sarjana Humaniora Cocoknya Kerja Apa?

Sarjana humaniora terkadang memang dianggap sepele oleh sebagian orang. Karena tidak sepopuler sarjana pendidikan atau sarjana teknik. Namun lulusan humaniora bisa bekerja di berbagai bidang dengan cakupan yang luas.

Nah, di sini kita akan membahas peluang kerja sarjana humaniora. Tapi sebelumnya apa kamu sudah tahu apa itu humaniora? Kalau belum, yuk langsung saja kita bahas.

Humaniora adalah

Menurut Wikipedia, humaniora atau ilmu budaya adalah ilmu yang mempelajari tentang cara membuat atau mengangkat manusia menjadi lebih manusiawi dan berbudaya.

Jurusan humaniora akan membahas tentang humaniora yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial. Dengan mengambil jurusan humaniora, kamu akan mempelajari berbagai keahlian. Seperti berfikir kritis, analisa, dan juga kreativitas.

Perbedaan Sarjana Sastra dan Sarjana Humaniora

Jurusan sastra bisa berada di bawah Fakultas Bahasa dan Sastra atau Fakultas Ilmu Budaya tergantung pada universitasnya.

Jika jurusan sastra termasuk dalam Fakultas Bahasa dan Sastra, maka lulusannya akan mendapat gelar Sarjana Sastra (S.S). Jika jurusan sastra berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya, maka lulusannya akan menyandang gelar Sarjana Humaniora (S.Hum).

Peluang Kerja Sarjana Humaniora

Banyak yang bilang sarjana humaniora akan menjadi dosen. Tapi tidak hanya menjadi dosen saja. Lalu apa saja profesi yang bisa menjadi tujuan para sarjana humaniora selain dosen?

Politikus

Sarjana humaniora bisa juga lho menjadi politikus. Apa hubungan antara politik dengan humaniora? Tentu saja ada.

Lulusan humaniora akan mampu untuk menganalisa informasi, menerapkan etika kerja, kreatif dalam mengolah sesuatu, serta profesional dalam bekerja. Dan semua itu adalah keahlian yang dibutuhkan dalam dunia politik.

Ahli hukum

Program studi bidang humaniora akan mempelajari tentang aspek-aspek kehidupan serta interaksi antar manusia. Mahasiswa humaniora juga belajar tentang bagaimana berfikir kritis.

Kemampuan berfikir kritis akan sangat mendukung dalam profesi di bidang hukum. Profesi di bidang hukum bisa meliputi hakim, jaksa, atau pengacara.

Jurnalis

Lulusan humaniora memiliki bekal untuk bisa menjadi jurnalis. Mengapa? Karena lulusan humaniora memiliki keahlian dalam tata bahasa dan pemahaman budaya.

Mereka juga terbiasa mengungkapkan gagasan yang mereka miliki. Jadi selain memiliki kemampuan tata bahasa, mereka juga memiliki kemampuan komunikasi yang unggul.

Diplomat

Banyak mahasiswa yang memiliki keinginan untuk menjadi diplomat. Jika kamu mampu menguasai bahasa asing, peluangmu untuk menjadi diplomat menjadi lebih luas.

Mengapa? Karena seorang diplomat akan bekerja di negara asing. Dan kamu di tuntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik di negara tersebut serta fleksibel dalam segala situasi.

Profesi apa yang kamu pilih? Politikus, ahli hukum, jurnalis, diplomat, atau yang lainnya? Atau kamu masih bingung mau kuliah jurusan apa? Gimana kalau ambil jurusan perhotelan dan kapal pesiar?

Bekerja sebagai staf perhotelan dan kapal pesiar bisa menjamin masa depanmu lho. Gajinya relatif tinggi sehingga kamu bisa menyiapkan modal untuk investasi masa depan.

Gimana caranya biar bisa bekerja di perhotelan dan kapal pesiar? Salah satu caranya kamu bisa ambil kursus di Sekolah Kapal Pesiar Jogja Duta Persada. Pelatihannya cuma sebentar dan kamu bisa langsung bekerja. Karena Duta Persada akan menyalurkan kamu untuk bekerja.Jadi, gimana? Kamu tertarik untuk ambil kursus di Sekolah Kapal Pesiar Jogja Duta Persada? Untuk info lebih lanjut mengenai Duta Persada, kamu bisa langsung klik di sini.

Tinggalkan Balasan